BERUANG BAKU (Belajar Bangun Ruang Balok dan Kubus)

BERUANG BAKU : MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR



Tampilan Awal Aplikasi Media Pembelajaran Beruang Baku.

    Pandemi Covid-19 ini sedang melanda seluruh negara didunia, keadaan negara Indonesia ini sedang mengalami kondisi tidak baik. Akibat dari pandemi Covid-19 pemerintah mengeluarkan suatu kebijakan baru demi menghentikan penyebaran virus Covid-19 yaitu mengimplementasikan ajakan terhadap masyarakat untuk melakukan Physical Distancing atau jaga jarak dengan orang disekitar kita sejauh satu meter dan menghindari kerumunan dan berbagai suatu acara pertemuan yang menimbulkan perkumpulan.

    Selain itu pemerintah menerapkan suatu kebijakan untuk melakukan pekerjaan Dirumah Saja atau nama lainnya Work From Home (WFH) dan kegiatan apapun yang menimbulkan kerumunan atau perkumpulan ditiadakan dan diganti kegiatan online atau media online. Pada pandemi Covid-19 ini semua guru atau tenaga pendidik mengharuskan untuk mengganti pembelajaran luring ke pembelajaran  secara daring menggunakan media E-learning atau melalui media pembelajaran.

    Pembelajaran daring pada mata pelajaran Matematika di Sekolah Dasar menimbulkan permasalahan karena pada hakikatnya Pembelajaran Matematika adalah pembelajaran yang sulit dijelaskan jika tidak langsung diterangkan oleh gurunya di depan kelas. Maka dari itu penulis membuat sebuah media pembelajaran interaktif yang pengaplikasiannya pada mata pelajaran Matematika bernama Beruang Baku (Belajar Bangun Ruang Balok dan Kubus) dengan adanya media pembelajaran interaktif ini siswa akan ebih mudah memahami pelajaran dan lebih mudah efektif.

    Media pembelajaran Beruang Baku (Belajar Ruang Balok dan Kubus) ini adalah produk yang menghasilkan sebuah aplikasi pembelajaran berupa Media Interaktif yang dapat digunakan siswa Sekolah Dasar kelas 5. Media Pembelajaran Interaktif ini dikemas dalam bentuk aplikasi yang dapat kita operasikan melalui handphone android. Media ini dibuat melalui aplikasi Articulater Storyline, kemudian di publish atau dikemas ke dalam bentuk aplikasi. Selanjutnya aplikasi bisa di upload ke google drive sehingga semua orang dapat menginstall aplikasi melalui link dengan mudah.

     Bagi sebagian siswa, belajar Bangun Ruang bukanlah suatu yang sulit mereka bisa dengan muda dengan menghitung volume, membedakan jaring-jaring antara balok dan kubus, dengan adanya media interaktif ini siswa dapat mudah menghafal sifat-sifat, jaring-jaring, dan mengetahui volume kedua Bangun Ruang tersebut. Pada semua slide saya memberikan kata pendahuluan, tujuan pembelajaran dll mengapa saya membuat media pembelajaran interaktif ini penulis berupaya memberikan asupan berupa apa yang sedang dibutuhkan oleh siswa atau kesulitan apa yang sedang dialami oleh siswa di kelas V. 


            Dokumentasi Penerapan Media Beruang Baku.


Dengan adanya media ini siswa lebih mudah mempelajari tentang materi bangun ruang, penulis juga memberikan video pembelajaran agar siswa bukan hanya memahami lewat satu media saja akan tetapi kita juga memberikan peluang kepada siswa agar dapat lebih memahami nya lagi, Media Pembelajaran ini nantinya berupa sebuah Aplikasi yang nantinya bisa di gunakan pada Handphone/Gadget peserta didik. Pengoperasian aplikasi ini sangat mudah karena hanya memerlukan bantuan perangkat berupa handphone android sehingga bisa dibawa kemana saja bisa di Sekolah, Rumah dan tempat lainnya. Media Pembelajaran interaktif ini merupakan yang didalamnya terdapat beberapa icon mulai dari icon home, Kuis, Materi dll, untuk mengakses halaman yang diinginkan. Bentuk media ini didesain secara menarik yang didalamnya terdapat t tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, contoh soal, dan kuis yang disertai dengan gambar dan sehingga siswa tidak cepat bosan dan pembelajaran lebih manarik.

Selanjutnya akan dipaparkan tabel data angket respon siswa terhadap media pembelajaran Beruang Baku pada materi Bangun Ruang berdasarkan jawaban angket dari masing-masing siswa. Hasil angket dari 6 siswa adalah sebagai berikut:

Hasil Angket Respon Siswa Terhadap Model Pembelajaran Beruang Baku Kelas V Sekolah Dasar.

No

Nama Siswa

Pilihan Jawaban

Keterangan

Setuju

Tidak Setuju

1.

M. Fathur Rahman

ü

 

Positif

2.

Amanda Zulfiyatul Anggraini

ü

 

Positif

3.

Aura

ü

 

Positif

4.

Rizka Amalia Zahra

ü

 

Positif

5.

M. Fatoni

ü

 

Positif

6.

A.Raditya

ü

 

Positif

Jumlah

6

0

Positif


        Berdasarkan data dan tabel respon siswa, banyak menyukai Media Beruang Baku ini siswa dengan responden 100% siswa mengisi dengan jujur dan transparan. Mengisi angket tersebut berjalan dengan baik dan tidak ada suatu kendala apapun, diatas sudah terlihat bahwa penelitian yang telah saya rangkum, dari Media Pembelajaran Interaktif Beruang Baku sangat efektif dan berguna bagi siswa kelas V.

Link Youtube Penerapan Media Beruang Baku :https://youtu.be/tZer11-cPVM

Link Aplikasi Media Beruang Baku :https://drive.google.com/file/d/1nfsvzbMrsDsvS2Y70XXU3MVdMV8EZxOO/view?usp=drivesdk






Komentar