BERUANG BAKU (Belajar Bangun Ruang Balok dan Kubus)
Tampilan Awal Aplikasi Media Pembelajaran Beruang Baku.
Pandemi
Covid-19 ini sedang melanda seluruh negara didunia, keadaan negara Indonesia
ini sedang mengalami kondisi tidak baik. Akibat dari pandemi Covid-19
pemerintah mengeluarkan suatu kebijakan baru demi menghentikan penyebaran virus
Covid-19 yaitu mengimplementasikan ajakan terhadap masyarakat untuk melakukan Physical
Distancing atau jaga jarak dengan orang disekitar kita sejauh satu meter
dan menghindari kerumunan dan berbagai suatu acara pertemuan yang menimbulkan
perkumpulan.
Selain itu pemerintah menerapkan suatu kebijakan untuk melakukan pekerjaan Dirumah Saja atau nama lainnya Work From Home (WFH) dan kegiatan apapun yang menimbulkan kerumunan atau perkumpulan ditiadakan dan diganti kegiatan online atau media online. Pada pandemi Covid-19 ini semua guru atau tenaga pendidik mengharuskan untuk mengganti pembelajaran luring ke pembelajaran secara daring menggunakan media E-learning atau melalui media pembelajaran.
Pembelajaran daring pada mata pelajaran Matematika di Sekolah Dasar menimbulkan permasalahan karena pada hakikatnya Pembelajaran Matematika adalah pembelajaran yang sulit dijelaskan jika tidak langsung diterangkan oleh gurunya di depan kelas. Maka dari itu penulis membuat sebuah media pembelajaran interaktif yang pengaplikasiannya pada mata pelajaran Matematika bernama Beruang Baku (Belajar Bangun Ruang Balok dan Kubus) dengan adanya media pembelajaran interaktif ini siswa akan ebih mudah memahami pelajaran dan lebih mudah efektif.
Media pembelajaran Beruang Baku (Belajar Ruang Balok dan Kubus) ini adalah produk yang menghasilkan sebuah aplikasi pembelajaran berupa Media Interaktif yang dapat digunakan siswa Sekolah Dasar kelas 5. Media Pembelajaran Interaktif ini dikemas dalam bentuk aplikasi yang dapat kita operasikan melalui handphone android. Media ini dibuat melalui aplikasi Articulater Storyline, kemudian di publish atau dikemas ke dalam bentuk aplikasi. Selanjutnya aplikasi bisa di upload ke google drive sehingga semua orang dapat menginstall aplikasi melalui link dengan mudah.
Bagi sebagian siswa, belajar Bangun Ruang bukanlah suatu yang sulit mereka bisa dengan muda dengan menghitung volume, membedakan jaring-jaring antara balok dan kubus, dengan adanya media interaktif ini siswa dapat mudah menghafal sifat-sifat, jaring-jaring, dan mengetahui volume kedua Bangun Ruang tersebut. Pada semua slide saya memberikan kata pendahuluan, tujuan pembelajaran dll mengapa saya membuat media pembelajaran interaktif ini penulis berupaya memberikan asupan berupa apa yang sedang dibutuhkan oleh siswa atau kesulitan apa yang sedang dialami oleh siswa di kelas V.
Dokumentasi Penerapan Media Beruang Baku.
Dengan adanya media ini siswa lebih mudah mempelajari tentang
materi bangun ruang, penulis juga memberikan video pembelajaran agar siswa
bukan hanya memahami lewat satu media saja akan tetapi kita juga memberikan
peluang kepada siswa agar dapat lebih memahami nya lagi, Media Pembelajaran ini
nantinya berupa sebuah Aplikasi yang nantinya bisa di gunakan pada
Handphone/Gadget peserta didik. Pengoperasian aplikasi ini sangat mudah karena
hanya memerlukan bantuan perangkat berupa handphone android sehingga bisa dibawa
kemana saja bisa di Sekolah, Rumah dan tempat lainnya. Media Pembelajaran
interaktif ini merupakan yang didalamnya terdapat beberapa icon mulai dari icon
home, Kuis, Materi dll, untuk mengakses halaman yang diinginkan. Bentuk media
ini didesain secara menarik yang didalamnya terdapat t tujuan pembelajaran,
materi pembelajaran, contoh soal, dan kuis yang disertai dengan gambar dan
sehingga siswa tidak cepat bosan dan pembelajaran lebih manarik.
Selanjutnya akan dipaparkan tabel data angket respon siswa terhadap
media pembelajaran Beruang Baku pada materi Bangun Ruang berdasarkan jawaban
angket dari masing-masing siswa. Hasil angket dari 6 siswa adalah sebagai
berikut:
Hasil Angket Respon Siswa Terhadap Model Pembelajaran Beruang Baku
Kelas V Sekolah Dasar.
No |
Nama Siswa |
Pilihan
Jawaban |
Keterangan |
|
Setuju |
Tidak Setuju |
|||
1. |
M. Fathur Rahman |
ü |
|
Positif |
2. |
Amanda Zulfiyatul Anggraini |
ü |
|
Positif |
3. |
Aura |
ü |
|
Positif |
4. |
Rizka Amalia Zahra |
ü |
|
Positif |
5. |
M. Fatoni |
ü |
|
Positif |
6. |
A.Raditya |
ü |
|
Positif |
Jumlah |
6 |
0 |
Positif |
Berdasarkan data dan tabel respon siswa, banyak menyukai Media
Beruang Baku ini siswa dengan responden 100% siswa mengisi dengan jujur dan
transparan. Mengisi angket tersebut berjalan dengan baik dan tidak ada suatu
kendala apapun, diatas sudah terlihat bahwa penelitian yang telah saya rangkum,
dari Media Pembelajaran Interaktif Beruang Baku sangat efektif dan berguna bagi
siswa kelas V.
Link Youtube Penerapan Media Beruang Baku :https://youtu.be/tZer11-cPVM
Link Aplikasi Media Beruang Baku :https://drive.google.com/file/d/1nfsvzbMrsDsvS2Y70XXU3MVdMV8EZxOO/view?usp=drivesdk
Komentar
Posting Komentar